Rabu, 06 Februari 2013

TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN


A.     PERMINTAAN (Demand)
1.      Definisi Demand
Kegiatan yang dilakukan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya pada waktu,tempat dan harga tertentu.
2.      Faktor Penyebab terjadinya
ž  Pendapatan
ž  Harga produk
ž  Harga produk terkait (substitusi dan komplementer)
ž  Selera
ž  Jumlah penduduk
ž  Perkiraan harga YAD

3.      Hukum
ž  Pada saat harga naik permintaan turun dan pada saat harga turun permintaan naik.
ž  Berbanding terbalik dg harga
4.      Jenis
1.      Permintaan absolut/absurd
Permintaan potensial Permintaan yang tidak diikuti dengan kemampuan untuk membeli
2.      Permintaan Potensial
Permintaan yang sudah didukung oleh daya beli, namun belum terdapat keinginan untuk membeli.
3.      Permintaan efektif
Permintaan yang didukung oleh kemampuan untuk membeli (mempunyai daya beli)
4.      Permintaan individu
Permintaan yang dilakukan oleh satu konsumen saja
5.      Permintaan pasar
Permintaan yang dilakukan oleh konsumen secara keseluruhan dalam pasar.
5.      Contoh Tabel Permintaan
No
Harga (P)
Jumlah (Q)
1
Rp.               20.000,-
100
2
Rp.               40.000,-
80
3
Rp.               50.000,-
60
4
Rp.               80.000,-
40
5
Rp.             100.000,-
20

6.     
 



B.     PENAWARAN (Supply)
1.      Definisi Demand
Kegiatan yang dilakukan oleh produsen/penjual untuk menjual hasil produksinya pada watu,tempat dan harga tertentu.
2.      Faktor Penyebab terjadinya
ž  Harga produk
ž  Tujuan Perusahaan
ž  IPTEK
ž  Adanya pajak atau subsidi dari pemerintah
ž  Harga bahan baku/biaya produksi
ž  Perkiraan harga yad
3.      Hukum
ž  Pada saat harga naik penawaran naik dan pada saat harga turun penawaran turun.
ž  Berbanding lurus dg harga
ž  Hukum permintaan dan Penawaran itu akan berlaku jika kondisinya tetap. Kondisi tetap itu dalam istilah ekonomi disebut Cateris Paribus
Misalnya :
          Pendapatan tetap
          Kondisi ekonomi tetap
          Selera tetap
          dll
4.      Jenis
1.      Penawaran marginal
Penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual sama dengan harga pasar.
2.      Penawaran super marginal
Penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar
3.      Penawaran sub marginal
Penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar
4.      Penawaran individu
Penawaran yang dilakukan oleh satu individu
5.      Penawaran pasar
Penawaran yang dilakukan oleh banyak penjual dipasar
5.      Contoh Penawaran
No
Harga (P)
Jumlah (Q)
1
Rp.               20.000,-
20
2
Rp.               40.000,-
40
3
Rp.               50.000,-
60
4
Rp.               80.000,-
80
5
Rp.             100.000,-
100

6.      




C.    Harga
1.      Definisi Harga
Harga adalah Nilai barang yang  dinilai dengan uang
2.      Jenis-jenis harga
ž  Harga pokok
Harga produksi suatu barang
ž  Harga Jual
Harga produksi yang telah ditambah keuntungan
ž  Harga keseimbangan (Equilibrium Price)
Harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli
3.      Tabel Keseimbangan
No
Harga (P)
Suplay
Demand
1
Rp.               20.000,-
20
100
2
Rp.               40.000,-
40
80
3
Rp.               50.000,-
60
60
4
Rp.               80.000,-
80
40
5
Rp.             100.000,-
100
20





Dalam analisis ekonomi dianggap bahwa permintaan suatu barang terutama dipengaruhi oleh tingkat harganya. Oleh sebab itu dalam teori  permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut. Sedangkan dalam teori penawaran yang terutama dianalisis dari tingkat harga suatu barang dengan jumlah harga yang ditawarkan.
Setelah diketahui jumlah penawaran dan permintaan akhirnya akan diketahui nilai Equilibirium. Keadaan suatu pasar dikatakan dalam keseimbangan atau equlibirium apabila jumlah yang ditawarkan para penjual pada suatu harga tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta para pembeli pada harga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar